By Devi Mei Hardianti

Di kampus saya mahasiswa tingkat akhir diwajibkan mengambil mata kuliah Intenship (kerja praktek) melaksanakan kerja praktek (magang) oleh pihak kampus. Magang yang bertujuan untuk memberikan ilmu dan pengalaman baru di dunia kerja. Saya melakukan magang karena saya mahasiswa tingkat akhir yang mengambil mata kuliah Intenship (kerja praktek). Bingung, resah dan galau itu yang saya alami ketika mecari perusahaan untuk melakukan kerja praktek. Mencari-cari info melalui teman-teman, dosen hingga Searching google dan akhirnya saya mencoba di salah satu perusahaan. Perusahaan yang saya coba ajukan adalah perusahaan konsultan arsitektur bernama Parametr Architecture.

First Chapter

FotorCreated

Tanggal 25 Agustus 2015 Hari pertama saya magang dan menginjakkan kaki saya di kantor Parametr Architecture. Bingung, canggung dan malu itu yang saya rasakan ketika berada dikantor Parametr Architcture. Pikiran-pikiran negatif yang bermunculan membuat saya takut. Sebelum saya menegerjakan proyek, saya dijelaskan tentang kegiatan-kegiatan Parametr Architecture. Kegiatan-kegiatan yang dijelaskan berupa keterlibatan dalam proyek, sayembara dan research and development (RnD). Hal pertama yang dilakukan anak magang adalah mengikuti kurikulum atau standart yang berlaku di perusahaan. Proyek pertama yang saya kerjakan adalah menggambar landscape hotel di pondok indah. Saya dijelaskan tentang proyek yang akan dikerjakan. Setelah selesai mengerjakan proyek yang diberi kepada saya, saya mengerjakan proyek-proyek lain. Keterlibatan saya dalam proyek adalah menggambar revisi dan mengerjakan pekerjaan yang menggunakan photoshop.

Next Chapter

Untitled-1

Selain proyek saya dilibatkan dikegiatan non project seperti sayembara dan research and development (RND). Sayembara pertama kali yang melibatkan saya adalah cyber borneo balik papan, pertama kalinya saya terlibat sebuah sayembara. Banyak pelajaran yang saya ambil dari sayembara cyber borneo, tidak hanya sayembara cyber borneo saya dilibatkan di sayembara museum song terus dan gedung asean.

DSC07122

Kegiatan non project lainnya adalah research and development (RnD), dalam RnD saya terlibat pada 2 kegiatan yakni meja semangat dan acara Jakarta Architecture Triannale 2015 (JAT 2015). Kegiatan pertama adalah meja semangat untuk TPQ Al Uswah yang berlokasi di pondok jaya. Meja semangat salah satu proyek dari PITA, PITA merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh Parametr Architecture. Ide menyumbang meja semangat berawal dari parametrian yang sering sholat dimasjid dekat kantor dan melihat ketika anak-anak sedang mengaji menggunakan tempat duduk. Saat melihat parametrian tersentuh ingin membantu TPQ Al Uswah dan menjadi salah satu proyek PITA sebagai kegiatan sosial.

20151212_050931

Kegiatan research and development (RnD) lainnya adalah acara yang diadakan oleh Ikatan Arsitektur Indonesia Jakarta (IAI Jakarta). Acara tersebut adalah Jakarta Architecture Triannale 2015 (JAT 2015). JAT 2015 merupakan rangkaian acara 3 tahun sekali yang diadakan oleh IAI Jakarta. Acara JAT 2015 membuat sebuah instalasi yang bertemakan locality, playful dan intervention yang mengangkat issu Urban Intervention. Parametr Architecture diundang untuk berpartisipasi diacara JAT 2015. Saat mendapatkan undangan tersebut tim Parametr Architecture mulai berdiskusi tentang keikutasertaan dalam berpartispasi diacara JAT 2015. Beberapa desain instalasi yang diajukan dengan unsur musik dan terpilih satu konsep ide instalasi adalah Aling-Aling Tenun Pelangi. Dengan proses yang cukup panjang akhirnya Aling-aling Tenun Pelangi dapat terpasang di Stasiun Sudirman dalam waktu semalam. Berawal dari kekhawatiran tim dalam pemasangan dan pembuatan Aling-Aling Tenun Pelangi, semua terbayarkan ketika melihat Aling-Aling Tenun Pelangi berhasil di pasang, serta mendapatkan feedback yang positif dari masyarakat.

Last Chapter 

20151002_133035_001

Sebelum saya meninggalkan Parametr Architecture ada tugas yang wajib saya lakukan adalah menulis blog tentang kesan dan pengalaman saya selama magang. Kesan terakkhir saya adalah ucapan terima kasih kepada Parametr Architecture yang sudah memberi saya kesempatan magang, mencari ilmu dan pengalaman baru. Suka duka yang saya lewati selama magang di Parametr Architecture memberikan saya pelajaran dari hal kecil sampai hal besar dan semua rasa saya dapatkan. Semoga Parametr Architecture lebih sukses dan menciptakan karya-karya yang luar biasa. Maaf jika saya berbuat dan berperilaku yang membuat sakit hati, marah dan kesal. Saya hanya manusia biasa yang selalu belajar menjadi orang baik.

Say Thank You To : 

Terima kasih Mas Ario sudah berbagi pengalaman dan cerita tentang perjalanan karir mas, Obrolan-obrolan inspiratif dan motivasi. Terima kasih Mas Harun sudah memberikan saya kesempatan untuk magang. Terima kasih Mas Joffie, kata-kata yang masih saya ingat dari mas joffie adalah “Kita hidup dijaman Jokowi bukan dijaman albert enstein. Kita hanya mengembangkan ide bukan mencari ide baru”. Terima kasih Mas Bemby sudah memberi cadaan-cadaan dan obrolan-obrolan yang menghibur. Maaf mas bem kalau saya pasif di kantor soalnya saya takut ganggu mas-masnya. Terima kasih buat Mba Sari yang paling imut dan lucu sudah mau direpotkan selama saya magang. Maaf mba kalau selama ini saya dan mentari sering buat mba sari jengkel dan kesel dengan urusan kampus. You are the best.!!! Terima kasih Mba Suci yang paling muda dan lovely. Mba suci yang sering mendengarkan obrolan-obrolan ga penting saya dan mentari. Terima kasih Mba Yesi yang selalu ceria dan paling cantik atas semua candaan-cadaannya. Terima kasih Mas Kano sudah mengajarkan saya selama magang, mulai dari mencari ide sampai menulis yang baik dan benar. Terima kasih Mas Tomi yang sudah melihat moment yang paling memalukan dan kalimat-kalimat jebakannya. Terima kasih Mas Supar sudah berbagi ilmu-ilmu arsitekturnya dan menjadi pendengar cerita-cerita konyol saya. Terima kasih Mas Andri yang selau bilang saya ngeyel dan untuk cerita-cerita tentang pengalaman jadi arsitek. Terima kasih Mas Ali atas ilmu photoshop yang diajarkan, sangat bermanfaat. Terima kasih Mas Ibnu sudah mengajarkan saya kerjasama selama proses aling-aling tenun pelangi. Terima kasih Mas Ryan buat cerita-cerita kuliah dan pengalaman menghadapi dosen-dosen killernya. Semoga kuliahnya selesai selama 3,5 tahun. Terima kasih buat Mas Robi, heronya parameter yang selalu siap siaga. Maaf mas rob kalau aku jarang makan snake sorenya. Terima kasih Pa Syahril yang pernah mengantarkan dan menunggu saya aanwijing sayembara. Terima kasih Mba Siki sudah bisa berbagi sedikit ilmu, cerita dan mengajarkan saya untuk membuat timeline yang baik. Semoga sukses selalu mba dan bisa jadi product designer. (mudah-mudahan mba siki baca tulisan saya).

Maganger Sarah : Terima kasih sudah memberikan sedikit ilmunya yang sangat berarti. Sudah menjadi teman kos yang seru dan jadi teman cerita selama di kosan. Semoga semua impian tercapai. Zul : Jangan diam ditempat banyak ngobrol, banyak tanya siapa tau mas-masnya bisa menginspirasi zul membuat puisi yang menyentuh. Don’t be shy to ask.!!!

Sekian curahan hati saya selama magang dan Sukses buat Parametr Architecture ditunggu karya-karya yang menajubkan.

12345677_1669659469972157_4326682874699442895_n

“Thank You for Making Me a Better Person. Good Bye.”

February 11, 2016

Leave a Reply