Oleh : Devi Mei Hardianti

FotorCreated3

Parametalk di penghujung tahun ini menghadirkan salah satu juara lomba Jakarta Urban Challenge bagian dari New Cities Summit 2015 yakni Ria Pratama Istiana, Khairunnisa Kautsar dan Okka Wiranata Rachman.

e282a600-275e-4bb2-85a0-f0bc951a0cb1-2060x1373

Sumber : http://www.theguardian.com/cities/2015/sep/10/cycling-jakarta-dream-copenhagen-indonesia-bike

Ria & Team terpilih masuk 3 besar juara dari 180 peserta yang mengikuti lomba tersebut. Ada beberapa permasalahan yang diangkat oleh Ria Team:

  1. Mobilitas kendaraan yg didominasi oleh kendaraan bermotor.
  2. Buangan emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor menimbulkan polusi udara di Jakarta.
  3. Satu space mobil dijalan raya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sepeda.

Dari permasalahan tersebut Ria Pratama terinspirasi untuk merancang sebuah fasilitas pengendara sepeda yang diberi nama Cylist Urban System (CUS). Fasilitas yang dirancang bertujuan untuk mendukung serta memfasilitasi pengendara sepeda.

Foto 4

Mobil mengeluarkan buangan emisi sedangkan sepeda tanpa buangan emisi.”

Foto 3

“Pengendara sepeda saat weekday yang berkendara dijalan raya harus Struggle menghadapi kendaraan lain.”

Ria menjelaskan dalam presentasi, bahwa jutaan masyarakat yang berkerja di Jakarta berasal dari pinggir kota Jakarta. Mulai dari pengguna transportasi umum hingga pengguna kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Ria mengasumsikan 70% dari mereka berada diusia yang sehat secara jasmani dan rohani sehingga memungkinkan menggunakan sepeda. Fasilitas CUS dapat mendukung pengendara sepeda dan sebagai sebuah sistem mobilitas integratif kota . Lokasi yang tepat untuk fasilitas ini berada di lahan parkir yang menghadap jalan untuk mempermudah para pengendara sepeda. Serta desain box CUS sifatnya Moveable atau non permanent sehingga box mudah dipindahkan.

06b5f598cb10a086c39c47f897e16e2be515958d

Sumber : https://kitabisa.com/cusjkt

Cyclist Urban System (CUS) adalah sebuah trigger atau pemicu gerakan agar masyarakat mau untuk menggunakan alternatif kendaraan yaitu sepeda.”

Cyclist Urban System (CUS) adalah sebuah gerakan yang mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alternatif transportasi. Untuk mendukung gerakan tersebut CUS memeberikan fasilitas sebuah shelter yang difungsikan untuk Refreshment pengendara sepeda. Didalam shelter akan disediakan beberapa fasilitas untuk pengendara sepeda yaitu parkir sepeda, toilet, loker, bengkel, vending machine, P3K dan Bike Sharing.

cyclist-urban-system-web-2

Sumber : http://www.newcitiesfoundation.org/wp-content/uploads/2015/07/cyclist-urban-system-web-2.jpg

Ria Pratama & Team melakukan survey melalui via google doc dan secara langsung. Survey yang dilakukan Ria untuk mengetahui lokasi yang diharapkan oleh pengendara sepeda untuk fasilitas Cyclist Urban System (CUS). Hasil survey yang Ria lakukan sebagian besar pengendara sepeda menginginkan fasilitas ini disepanjang jalur Sudirman sampai Senayan.

b96b9987d85f07014ce67dd648c1f31d1bfddde0

Sumber : https://kitabisa.com/cusjkt

Dalam sesi diskusi tanya jawab yang dilakukan oleh Parametrian serta Ria Pratama & Team. Pertanyaan dilontarkan oleh Parametrian adalah “Apakah sudah pernah ditanyakan oleh gubernur Jakarta? Dan boleh tidak kita menempelkan retail dalam CUS?” Ria menjawab “Sudah merencanakan bahwa CUS akan berkembang secara bisnis setelah dihitung operational tidak menutup kemungkinan.”

Foto 16

Ada beberapa usulan yang disampaikan oleh Parametrian yakni pertama Ria & Team dapat berkolaboratif partisipatif dengan komunitas untuk mengajak masyarakat menggunakan sepeda. Usulan kedua, Ria & Team dapat memperkenalkan fasilitas CUS dengan menggunakan sosial media sebagai sarana sosialisasi dan promosi aktif efektif kepada masyarakat. Usulan ketiga, untuk mengajak masyarakat Ria & Team harus membuat sebuah bukti bahwa gerakan CUS berjalan dengan baik. Bukti yang harus dilakukan untuk meyakinkan para pengendara sepeda bisa menggunakan dengan baik fasilitas tersebut.

Dari beberapa usulan yang diajukan dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk mengurangi emisi dari kendaraan bermotor dan mobilitas kendaraan. Cyclist Urban System (CUS) adalah sebuah gerakan yang menagajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai tansportasi. Dalam mendukung gerakan, CUS memberikan sebuah fasilitas shelter yang difungsikan untuk Refreshment pengendara sepeda.

Foto 20

Cyclist Urban System (CUS) adalah sebuah trigger atau pemicu gerakan agar masyarakat mau untuk menggunakan alternatif kendaraan yaitu sepeda.”

February 10, 2016

Leave a Reply