Oleh : Sarah

Meja Semangat merupakan salah satu program PITA yang dimulai sejak Februari 2015 lalu. Program ini merupakan program sosial yang memungkinkan orang – orang untuk menyumbang meja yang didesain oleh tim PITA dan difasilitasi oleh tim sebagai pihak yang menjembatani penyumbang dengan penerima meja. Dalam prosesnya diharapkan kelak program ini dapat gerakan sosial yang dapat menginspirasi banyak pihak untuk membentu menyumbang meja.

Slide19

Ide menyumbangkan meja muncul ketika tim melihat anak – anak TPQ yang belajar menggunakan dingklik sebagai meja. Dingklik sendiri dirasa kurang sesuai digunakan untuk alas membaca apalagi yang dibaca adalah Al – Quran. Dari kekhawatiran tim terhadap kondisi ini, tercetus ide untuk membantu menyumbangkan meja yang lebih baik dan tentu dengan disain khusus yang disesuaikan dengan penggunanya yang dalam hal ini adalah santri – santri TPQ Al Uswah, Pondok Jaya, Bintaro.

Sebagai tahap awal, tim mengadakan sayembara dalam lingkungan internal Parametr Architecture untuk mendepatkan disain yang terbaik. Selain itu, tim juga mendiskusikan mengenai kriteria – kriterian yang sesuai dengan produk yang akan didesain.

Slide8

Sayembara internal tersebut akhirnya menghasilkan dua desain yang paling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Kedua prototype ini (selanjutnya disebut Meja Semangat 1 & 2) dipresentasikan calon penerima yaitu santri – santri dan wali santri TPQ Al Uswah pada 27 Maret 2015.

12

Setelah presentasi, tim memutuskan untuk mengembangkan lebih lanjut Meja Semangat 2 yang merupakan disain dari Bapak Iqbal selaku partner PITA  karna bentuk dan fiturnya yang lebih efisien daripada Meja Semangat 1.

Setelah mengalami pengembangan, munculah Meja Semangat 3 lalu disempurnakan lagi menjadi Meja Semangat 4 yang ukuran dan beratnya lebih ideal untuk anak – anak.

Protype keempat kemudian dipresentasikan kepada Ust. Gofur pada 4 Agustus 2015 yang merupakan perwakilan dari TPQ Al Uswah.

Setelah finalisasi Meja Semangat 4, tim kemudian memproduksi 5 buah Meja Semangat yang pada 11 September lalu di sumbangkan secara simbolis kepada pihak TPQ Al Uswah.

Dalam perjalanannya, selain pengembangan produk, tim juga senatiasa mengembangkan kapasitasnya untuk terlibat lebih dalam kedalam sosial project. Hal ini ditunjukkan dengan sharing dan pembelajaran yang dilaksanakan oleh tim ke Yayasan Indoesia Mengajar yang pada saat itu diwakilkan oleh Bapak Hikmat Hardono. Dalam kunjungan ini tim mendapatkan banyak masukan berharga mengenai inovasi sosial dan sosial project.

3

Setelah pengembangan produk dan pengembangan sistem, akhirnya dilaksanakan launching program Meja Semangat yang dintandai dengan penyumbangan Meja kepada pihak TPQ Al Uswah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 11 September 2015 dan dihadiri oleh santri, wali santri dan juga ustad – ustadzah TPQ AL Uswah. Pihak lain yang telah bergabung bersama PITA adalah mbak Prita Arianegara yang merupakan seorang sutradara dan membantu meliput juga membuat vidio teaser Meja Semangat.

Setelah melalui proses panjang, Meja Semangat dan PITA  akan terus mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik. Prototype terbaru pun muncul yaitu Meja Semangat 5 yang ukuran dan beratnya lebih efisien lagi namun prototype ini masih kurang sempurna dan perlu pengembangan lebih lanjut. Kami optimis unutk senantiasa mengembangkan produk Meja Semangat dan gerakannya untuk menginspirasi kegiatan sosial disekita kami.

2

Sampai saat ini, kegiatan Meja Semangat masih terus berlangsung demi pengembangan yang lebih baik lagi. Salah satu kegitan yang dilaksanakn baru – baru ini adalah ikut sertanya Meja Semangat dalam Pameran 100 Inovasi Desain dan Teknologi Konstruksi Indonesia yang merupakan bagian dari kegiatan Jakarta Architecture Triennale 2015 yang diadakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia jakarta.

aaasdaUntitl121ed-1

November 25, 2015

Leave a Reply