Oleh: Amalia Devitasari

18 Agustus 2014 – 18 November 2014

PARAMETR 4”Kok magang di Bintaro? Jauh dari Solo gimana kuliahmu?

Banyak pertanyaan sejenis di atas yang dilontarkan oleh teman-teman saya dan bahkan dosen saya, karena waktu magang bersamaan dengan masa perkuliahan. Mungkin melalui tulisan ini pertanyaan itu bisa ditemukan jawabannya. Dan rasanya tidak salah memilih PARAMETR sebagai tempat saya magang. .

Start! MAGANG

Tanggal 18 Agustus Senin pagi, awal saya menginjakkan kaki di PARAMETR. Sebagai mahasiswi Arsitektur yang belum banyak pengalaman di dunia kerja, saya sempat merasa takut dan khawatir apakah saya mampu ‘bertahan’ magang di PARAMETR selama 3 bulan. Perasaan tidak percaya diri, bingung dan asing menjadi titik proses awal saya magang di PARAMETR.

Awal bulan magang adalah waktu adaptasi dengan lingkungan yang baru. Berhijrah dari kehidupan kampus yang ritme kerjanya tak sepadat kehidupan dunia kerja, beradaptasi dengan orang-orang yang sudah sangat berpengalaman di Arsitektur. Kemudian diperkenalkan kurikulum magang seperti: colouring standard, area calculating, cad layering & drawing. Dan yang paling menyenangkan adalah ketika anak magang turut dilibatkan bekerja teamwork dengan principle, project architect, interior dan staff dalam real proyek juga Research & Develpoment. It’s FUNPARAMETR 3Seiring waktu berjalan, magang di PARAMETR membuat saya merasakan:

‘THE ARCHITECTS LIFE’

Bekerja dalam TEAM – tanggung jawab – deadline

Berkomunikasi dengan principle dan staff | Survey proyek | Berdiskusi bersama #PARAMETALK

Menulis dan Berhitung | Bersenang-senang bersama

Continuously and becoming daily. .

PARAMETR 2Rasanya di awal saya merasa sedikit kesulitan untuk berinteraksi dengan orang-orang di sini dan dalam prosesnya baik principal dan staff tidak pernah tidak membagi ilmu dan pengalamannya ber-Arsitektur. Dan karena itu, saya merasa bersyukur berada di sini. Setiap pekerjaan yang diberikan saya coba kerjakan semaksimal dan semampu saya. Dan selama magang banyak keywords yang terlontar dari principle untuk para anak magang:

Work smart – Less time – Perfect final | Jangan malu bertanya – Active & Improve | Kerja arsitek kerja teamwork bukan ego individu

Mas Ario Danar

Semakin banyak terlibat dalam teamwork, semakin membuat saya bertanya pada diri saya sendiri. ”Sudah sejauh mana dirimu ‘mengenal’ Arsitektur. Sudahkah kinerjamu memuaskan? Dan yang paling krusial, setelah magang ini masih mau jadi Arsitek?” semua itu mungkin terjawab dalam proses saya ke depan. Saya yakin tidak ada arsitek yang bodoh, tapi arsitek yang memang ‘berbakat’ dan yang sedang ‘berproses’. Apapun itu saya menjalani magang ini dengan niat mencari ilmu dan melakukannya dengan senang hati.

”The only way to do GREAT work is to LOVE what you do”

Steve Jobs

PARAMETR 1 Meninggalkan Kota Solo selama 3 bulan, mungkin saya telah banyak melewatkan keseruan kehidupan kampus. Melewatkan apa yang semestinya saya kerjakan sebagai seorang mahasiswi dan sedikit tertinggal jauh dalam mengerjakan seminar tugas akhir. Namun rasanya semua itu terbayar. . dengan waktu selama 3 bulan di sini. Merasakan, berinteraksi dan terlibat di dunia profesi Arsitek, kesempatan yang sangat berharga. Dan akan saya jadikan ‘start point’ untuk berlari lebih kencang ke depan. .

Finish! MAGANG

Saya sangat-sangat berterimakasih kepada para principle dan staff PARAMETR. Terimakasih kerjasamanya dan sudah bersabar dengan kinerja saya di sini. Terimakasih atas kehangatannya sudah menerima saya di sini. Apa yang saya amati, saya dapatkan dan pelajari di PARAMETR selalu akan saya jadikan motivasi untuk bisa berkarya lebih dan lebih baik lagi.

PARAMETR 5Terimakasih kepada: mas Ario, mas Joffi, mas Harun (terimakasih telah membuka kesempatan yang sangat lebar bagi anak magang untuk ‘menjelajahi’ Arsitektur juga sebagai mentor dan teman diskusi yang menyenangkan). Mas Bemby (terimakasih untuk sharing ilmu dan ceritanya yang selalu menghibur). Mas Tomi, mas Santo, mas Supar, mas Pandu, mas Andri, mbak Yesi, mbak Siki, mbak Derin (terimakasih sudah berbagi cerita, ilmu dan pengalamannya, juga sebagai teman diskusi & bermain yang menyenangkan). Mas Ali, mas Rian besar, mas Rian kecil, mas Ibnu, mas Joko, mas Ariel, mbak Suci, mbak Sari (terimakasih sudah menghubungi saya untuk magang di sini mbak). Mas Robby (terimakasih untuk menu sarapan, makan siang, cemilan dan makan malam). Terimakasih juga untuk teman seperjuangan saya Astika, Gandhi, Rian dan TRIO magangengrs Azki, Aldo dan Roza (terimakasih atas kerjasamanya dan teruslah bersemangat!).

Sebagai penutup, mungkin quote ini tepat menggambarkan apa yang saya alami selama magang:

”ARCHITECTURE IS LIKE A MARATHON, NOT A 100-METER RACE”

Fumihiko Maki

Sukses untuk PARAMETR. Great Time, Great Place, Great People! See you soon!

November 18, 2014

Leave a Reply