Oleh Azki Muhammad

COBAfix copy

Pada kesempatan Parametalk#12 tanggal 7 November 2014, Kami mendapat kesempatan mengenal desain dari sudut pandang narasumber pengusaha Batik. Beliau merupakan sarjana lulusan planologi, pernah bekerja di Wiratman. Ditengah perjalanannya Beliau merasa kurang puas terhadap pekerjaannya dan kemudian beralih ke dunia Batik. Sampai saat ini Beliau menjalani pekerjaan dalam bidang Batik dan sekarang sudah memiliki brand yang bernama Hesandra Gallery. Dalam perjalanannya Beliau memulai usaha tersebut dengan menggali informasi dan mempelajari batik di Kalimantan. Kemudian muncul patern baru ala Hesandra dan akhirnya muncul batik ke arah kontemporer ala Hesandra.

4

“Untuk menciptakan proses yang aneh tidak semua orang kepikiran”
Fanti Wahyu Nurvita

Menurut pendapatnya Batik berasal dari kata Amba & titik. Amba artinya menulis titik, menyatukan titik-titik dengan canting dan malam. Jadi batik bisa dikatakan adalah sebuah proses menulis dengan cangking dan malam pada suatu bidang diluar itu bukan batik. Menurutnya batik adalah unik, tidak ada hasil karya batik tulis yang sama persis antar perancang-perancang batik. baginya seni itu luas dan art is unlimited.

1

Excellence is a continuous process and not an accident.
A. P. J. Abdul Kalam

Proses pembuatan batik dari awal sampai akhir menarik karena penuh misteri, kita tidak tahu hasil akhirnya akan seperti apa. Batik tidak akan membosankan karena kita dapat mengganti pattern tanpa mengubah konsep dasarnya. Misalnya pada contoh batik Samarinda yang sudah dibuat beliau, mengambil dari inti bentuk Kapal Tambangan & Pesut.

Batik bertahan karena proses yang dilaluinya, proses panjang yang akan menghasilkan karya unik. Para karyawan pembuat batik juga dikenal sangat telaten, pekerjaannya membutuhkan waktu yang panjang dan kesabaran dalam berprosesnya.

If you can’t describe what you are doing as a process, you don’t know what you’re doing.
W. Edwards Deming

 

Muncul pertanyaan, kedepan apakah batik bisa bertahan ?
BISA, misalnya di Samarinda orang yang ikut berbisnis atau berdagang batik banyak walaupun pasarnya kecil, apalagi sekarang Batik dapat di kombinasikan tidak hanya untuk pakaian saja dan siapapun bisa memakai Batik. Sekarang kenyataannya Jokowi saja bilang baju hariannya adalah batik, berarti usaha batik minimal 5 tahun kedepan masih ok.

2

Creativity is the process of having original ideas that have value. It is a process; it’s not random.
Ken Robinson

Pada akhirnya disimpulkan bahwa berproses dalam menghasilkan desain apapun sangat penting. Dunia yang kita geluti arsitektur juga dilalui oleh proses yang panjang. Bagaimana kita menghargai proses yang panjang tersebut dan tentunya dapat lebih menghargai dunia arsitektur.

November 18, 2014

Leave a Reply