20130904_165942

Fase kehidupan itu memiliki ceritanya sendiri-sendiri, seperti layaknya sebuah kapal bajak laut yang berpindah-pindah pulau mengarungi satu lautan ke lautan lainnya untuk mencari harta. Seperti halnya manusia dari belum bisa berjalan sampai menjadi dewasa dan berjuang  terus menerus melakukan penemuan diri sendiri hingga sampai pada tujuan yang diimpikan.

Masa remaja yang banyak dilewatkan dengan candaan dan tawa sudah berlalu tibalah saatnya bagi saya untuk mencapai fase serius dai kehidupan yang disebut dewasa. Setelah masa di bangku kuliah berlalu saya harus menjalani proses kerja praktek untuk dapat merasakan dunia kerja dalam profesi arsitektur yang sudah saya jalani.

Pencarian tempat kerja praktek ini susah-susah gampang sebenernya, tapi memang banyak pertimbangannya dari jauh dekatnya lokasi dengan rumah, mau masuk biro atau kontraktor atau bahkan developer, sampai memilih tempat yang katanya sih favorit. Singkat cerita, saya dengan berbagai macam keterbatasan dan pertimbangan yang ada akhirnya memilih untuk kerja praktek di Parametr Architecture dan alhamdulillahnya diterima J.

Goes to work

Hari pertama kerja praktek cukup menarik, dimulai dari berangkat ke kantor yang agak buta arah, celingukan naik angkot yg gak pernah dinaikin, berujung dengan telat dan sendirian pula nyampe di kantornya. Iya, harusnya ada lagi yang kerja praktek bareng saya, temen se-universitas namanya Aufar, tapi karena dia masih ada urusan akedemik dia tidak bisa datang pada hari pertama.

Tugas pertama adalah sayembara rusunawa disini kami kerja tim dengan tim dari singapore juga. Dibawah bimbingan Kak Anita, saya diarahkan untuk mencari studi preseden rusunawa di asia terutama indonesia selain itu saya juga membantu dalam pembuatan gambar kerja dan membuat gambar presentasi. Saya yang minim pengalaman dalam mengerjakan sayembara merasa sangat tertarik mengerjakannya terlebih karena adanya tim dari Singapore juga. Pada fase ini Mas Ario menekankan kami anak magang agar lebih concern terhadap dunia arsitektur, aktif dalam setiap kegiatan yang ada. Kata Mas Ario, kalau memang ingin serius menjadi arsitek harus lebih banyak ikut dalam forum-forum arsitek, akhirnya kami diajak untuk menghadiri open house parametr dan seminar jakarta vertikal kampung, Parametr  mengkomodasi baiaya kami anak magang lho.

20130616_161912

Open House Kantor Parametr

 20130707_154632

Seminar Jakarta Vertikal Kampung

20130904_160512

Salah satu Kegiatan di Parametr

Selanjutnya kami mendapatkan tugas mendesain sekolah di Krukut. Disini kami benar-benar merasakan proses desain yang ada karena kami diikut sertakan dari tahapan awal desain, dari mulai survey ke lokasi lahan, wawancara dengan calon pengguna, membuat berbagai alternatif desain dan maket hingga bertemu dengan ownernya. Bimbingan aktif dan diskusi sering dilakukan juga dengan Mas Ario, salah satu principal di kantor ini. Beliau layaknya ‘nyawa’ bagi kantor ini karena kepiawaiannya membimbing para arsitek-arsitek muda dan banyak membagikan pengetahuannya serta pengalamannya selama menjadi arsitek. Benar-benar gak pelit ilmu principal Parametr ini.

20130710_144119

Membuat maket zonasi tumpukan kelas

 20130730_162310

Maket Final Sekolah Krukut

Setelah sebulan kerja praktek akhirnya kami punya tambahan teman baru, yeay! Ada namanya Amalia dari Undip dan Gyrass dari UNS. Semakin seru dengan kehadiran dua orang ini karena memang mereka anaknya asik-asik, apalagi si Amal yang karena emang lebih muda jadi lebih gampang buat di ‘bully’ tapi bukan ‘bully’ yang jahat lho, kami sih cuma suka ngisengin aja hehe. Nah yang satu lagi si Gyrass ini orangnya agak absurd, pikirannya suka out of the box gitu jadi kadang lucu juga gimana dia bisa kepikiran hal-hal aneh yang kadang agak gak penting kayak gitu. Tapi anak ini nih passion terhadap arsitekturnya patut diacungi jempol dan sangat kagum ngeliatnya, setiap hari dia selalu baca buku-buku yg emang banyak tersedia disini dan sibuk ngeliatin kerjaan-kerjaan mas-mas disini sampai ikutan lembur segala, hebat sekali!

Dari perjalanan saya selama tiga bulan di Parametr ini banyak manfaat dan pembelajaran yang didapat, dari tadinya tidak mahir photoshop karena baru pernah memakai studio akhir saja sampai mahir sketchup dengan pengerjaan yg lebih efisien,  tapi gak hanya hard skill aja yang didapat disini, tambahan teman karena kekeluargaannya yang memang besar dan juga tambahan pengetahuan yang sering dishare sama para mas dan mbak yang kerja disini. Tidak lupa juga Trio principal, Mas Ario, Mas Harun , dan Mas Joffi yang juga telah bersedia membantu dan membimbing saya selama disini.

Dari pengalaman  dan bimbingan tiga principle saya menangkap tiga dasar utama untuk dapat bertahan di dunia arsitektur yaitu :

Keingintahuanlah yang menyebabkan peradaban manusia selalu bergerak maju. Dalam dunia arsitektur keingintahuan juga sangat penting, melalui pembelajaran yang berulang seorang arsitek dapat melakukan terobosan atauinovasi dalam desain bangunan

Produk selalu menggambarkan proses yang dilalui dalam penciptaan produk tersebut sehingga dapat dikatakan pencapain seorang arsitek hanya dapat dilihat melalui karyanya, hanya dengan selalu berkarya seorang arsitek dapat mempertahankan eksistensinya

Menjadi seorang arsitek merupakan sebuah tantangan yang cukup berat dimana demi sebuah kesempurnaan desain kita akan bertahan lembur dan bertahaan menghadapi cacian dan hujatan dari berbagai pihak yang berkepentingan dalam perancangan tanpa passion yang kuat kita akan merasa kehilangan arah dan mudah putus asa.

Sekarang perjalanan kerja praktek saya sudah akan berakhir, terima kasih banyak Parametr sudah mau menerima saya untuk merasakan pengalaman kerja praktek disini, terima kasih juga buat makanan-makanan enaknya yang ada terus dari pagi sampai sore setiap hari yang sehingga gak ada alasan buat lemes kerja disini, terima kasih juga buat semua Principal dan staff yang sudah banyak membantu dan membimbing selama disini. Semoga Parametr makin sukses, makin jaya, makin banyak proyeknya, makin bertambah besar usahanya, makin yang baik-baik semuanya!

20130802_175402

Teman-teman Parametr

Kalo kata orang sih, see you again on top!

Sekarang saatnya saya memulai perjalanan baru lagi yang pasti gak kalah serunya dari sini,

Set the direction and let’s sail another journey!

September 4, 2013

Leave a Reply