me

Oleh: Gregorius Surya

PREAMBULE

Akhir Februari, dunia sepakbola “dikejutkan” dengan salah satu hasil pertandingan sengit ‘El Classico’ yang beranggotakan tim “Les Merengues”, Real Madrid, perwakilan penguasa kerajaan Spanyol, dengan tim “Azulgrana” perwakilan kelompok separatis Catalunya. Tim besutan ‘The Special One’,  Jose Mourinho, berhasil menghantam Barcelona, tim yang diarsiteki oleh Tito Vilanova. Real Madrid berhasil menghempaskan Barcelona dari persaingan Copa del Rey, turnamen yang mempertandingkan klub-klub Spanyol dari segala kasta.

Yang menjadikan pertandingan ini sangat penting adalah peran Jose Mourinho. Sang Jose mulai kehilangan auranya sebagai “The Special One” menyusul beruntunnya hasil buruk yang diterima oleh Madrid. Sempat diisukan bahwa dua pentolan Les Merengues, sang kapten Iker Cassilas dan Jenderal barisan belakang Madrid, Sergio Ramos, menemui petinggi Madrid supaya Mou dipecat. Situasi tak kondusif ini menyebabkan suasana ruang ganti menjadi panas yang berimbas pada hasil buruk pertandingan Madrid. Tetapi Mou menjadikan semua situasi dan kritik itu untuk belajar, mengembangkan diri serta tetap tenang dan Barcelona, yang menjadi tumbalnya.

BINTARO

Sabagai orang Jawa yang percaya dengan ilmu titen, peristiwa perjalanan Temanggung-Bintaro, telah merenggut perhatian saya. Dengan pergi menggunakan bis malam, bus yang saya naiki bannya meletus hingga 3 kali, sehingga perjalanan yang diprediksi sampai jam 6 pagi, molor 3 jam. Saya merasakan bahwa Bintaro tidak akan ‘menerima’ saya. Benar saja, dari makanan yang relatif mahal, budaya, penjaga kos yang cerewet dan ‘mata duiten’ sampe 3 bisul yang sangat menjengkelkan.

PARAMETR ARCHITECTUREruang kerja 1

Awal magang saya diawali pada 2 Januari 2013. “Parametr, semoga kau baik-baik ya sama aku” begitu doa saya. Bertemu pertama kali dengan Mas Ario Danar Andito, salah satu principal dari Parametr, dalam hati saya mengatakan, “ternyata orangnya gede juga.” ^_^

Kesan pertama terhadap pentolan Parametr ini adalah kagum dan takjub. Mas Ario bukan hanya sekedar sebagai pusat orientasi workflow di Parametr tetapi juga sebagai mentor, sahabat serta keluarga bagi karyawan-karyawannya. Bagi saya, mas Ario adalah guru dan mentor yang mengajar, mengkritisi tetapi membantu saya untuk belajar dan terus belajar. Mas Ario menuntut saya untuk banyak membaca dan terus membaca, mengenal arsitek ternama Indonesia dan dunia serta karya-karyanya, serta mengembangkan sisi humaniora saya. “Karena arsitektur itu adalah Ilmu Kehidupan”, begitu kata mas Ario pada saya.

buku-bukuHari pertama diisi dengan project meeting, sarapan nasi kuning, lalu makan-makan di bakmi GM.  Dan terselip pengalaman lucu saat itu. Karena merasa sedang mengalami kanker (kantong kering), saya memilih makanan dan minuman yang relatif paling murah. Setelah kenyang, ternyata eh ternyata, semua makanan dibayari oleh kantor. Pikir saya, “ngerti ngono milih sing larang ndes.. XD

buat maket

Mulai hari kedua, sudah mulai ada “setoran” mulai dari membangun proyek  Andalan dengan kertas ‘alias maket’ sampai membuat blocking massa 3d. Karena saya masih ‘cupu, saya baru bisa mengerjakan maket. Saya merasa malu diejek karena belum mahir menggunakan program komputer 3d semacam sketch up. Tetapi walaupun mengkritik teman-teman Parametr mau mengajarkan ilmunya kepada saya.

Saya juga aktif belajar melalui internet. Mendownload video tutorial via youtube. Lewat kritikan, keusilan serta masukan dari teman-teman kantor, lama-lama saya semakin lancar menggunakan program 3d. ‘Semakin hari tantangan datang lagi. Seiring bertambahnya tantangan, semakin bertambahnya ilmu, semakin banyak diusili juga. Dengan banyak membaca referensi buku yang disediakan di perpustakaan kantor, serta membaca banyak sekali gambar kerja, saya semakin belajar banyak. Untuk ini saya mengucapkan banyak terima kasih pada Mas Is, Mas Bamby, dan Mas Bintang dan Mbak Tria yang sudah menjadi tentor saya dalam SketchUp dan Photoshop, memberikan trik-triknya, mengusili saya serta mau mengkritik saya. ^_^
Parametr Architecture bagi saya adalah perusahaan makan-makan. Setiap hari makanannya salalu maknyus  dan memaksa saya untuk menghapus program diet saya. Tetapi karena dasarnya saya orang desa, saat diajak makan pizza ataupun burger, perut saya selalu mules. ^_^

PENGALAMAN JATUH

Satu kejadian yang sangat saya sesalkan adalah tidak dapat menyumbangkan ide desain interior untuk proyek Tam Siliwangi. Alhasil, saya mendapatkan damprat dari Mbak Yesi, selaku yang memberikan tugas pada saya. Entah mengapa waktu itu saya teringat dengan ibu saya, kangen rumah, merasa ada yang kurang karena tidak menghadiri misa peringatan 100 hari meninggalnya ibu saya. Tetapi di dunia profesional, tidak ada keluhan soal masalah pribadi. Semua harus dijalani dengan profesional, semangat dan bahagia. Sekali lagi, Mas Ario dalam kapasitasnya sebagai mentor, sahabat dan keluarga, memberikan semangat, saran serta kritik sehingga saya bisa semangat lagi. Saya merasakan seperti Mou yang mulai dikritik fans, pihak manajemen Real Madrid serta pemain sendiri. Perasaan kesepian dan terjepit menjadi cambuk buat Mourinho untuk bangkit.

MENUJU CAMP NOU

Memang Real Madrid sudah berhasil menghempaskan seterunya, Barcelona dari ajang Copa del Rey. Mou telah membuktikan bahwa dia masih belum habis dan masih layak disebut The Special One. Bagi saya, Camp Nou adalah bagaimana semester 6 nanti, bagaimana semester selanjutnya dan bagaimana perjuangan selanjutnya. Ilmu yang 3 bulan saya rengkuh masih sangat sedikit karena arsitektur itu lebih dari sekedar mendesain bangunan, tetapi arsitektur itu adalah ilmu kehidupan. Begitu kata Mas Ario pada saya. Terima kasih kepada Mas Ario, dkk. Saya bangga bisa menjadi bagian dari Parametr Architecture. Alami, Jelajahi, Wujudkanlah! Semoga semakin sukses kedepannya!

February 27, 2013

Comments

sebagai penggemar barca saya sedih membaca tulisan anda..hehe :p
tapi sebagai teman anda di arsitektur unika, saya bangga sekali dengan anda yang mau bekerja keras dan bangkit saat terjatuh.. memiliki banyak pengalaman dan tidak menyerah untuk menghadapi tantangan kedepan.. sangat mengispirasi dan semoga saya juga mndapat kesempatan seperti anda suatu saat nanti.. 🙂 goodluck sury ! 😉

Pengalaman kuliah di Sekolah Arsitektur dan pengalaman yang unik saat (singkat) belajar arsitektur hendaknya menjadi semangat untuk lebih banyak meracuni lewat virus2 yang mas Surya dapatkan kepada Institusi, kepada para pengelola dan para mahasiswa Arsitektur Unika Soegijapranata, Bahwa banyak hal baru dalam dalam desain arsitektural. Semoga ada banyak Surya dan Alfe baru disaat-saat mendatang. Magang itu wajib, berkarya itu wajib, Berinovasi itu wajib, Mencipta karya yang unik itu wajib, Melestarikan alam ciptaanNya itu wajib.

Leave a Reply